Minggu, 01 September 2013

ohlins shock racing

detail berita
STOCKHOLM- Nama besar Ohlins sebagai produsen suspensi berkualitas tidak perlu diragukan lagi. Produsen asal Swedia tersebut memiliki produk high-performance yang telah digunakan oleh berbagai kendaraan bermotor seperti sepeda motor, mobil dan ATV.
 
Seperti dikutip dari motorcycle.com, Senin (23/1/2012) pengembangan pun terus dilakukan guna menghasilkan suspensi yang memiliki kinerja terbaik. Baru-baru ini pabrikan yang bermarkas di Stockholm ini menawarkan suspensi aftermarket yang telah dilengkapi sistem Electronically Controlled(EC).
 
Teknologi terbaru yang digunakan pada suspensi ini merupakan hasil pengembangan teknologi ESA II yang diperkenalkan pada 2008 lalu. Suspensi ini diklaim memiliki keunggulan sehingga mampu meningkatkan kinerja kendaraan saat handling dan bermanuver.
 
Suspensi anyar dari Ohlins ini ditujukan untuk dua model yakni BMW R1200GS dan Kawasaki ZX-10R. Namun pihak Ohlins masih terus mengembangkan agar produknya ini dapat diadopsi oleh sportbike lainnya.
 
Untuk BMW R1200GS suspensi yang ditawarkan Ohlins adalah BM 670 TTX-EC. Suspensi ini telah dilengkapi dengan Electronic Control Unit (ECU) guna menyesuaikan rebound damping melalui dua katup dan dua piston pada per shock. Selain itu terdapat pula Smart EC yang berfungsi menyesuaikan pantulan suspensi berdasarkan kecepatan.
 
Sebagai contoh, saat motor melaju di bawah kecepatan 50 mph suspensi menggunakan modus normal. Namun ketika kecepatan bertambah hingga mencapai 75 mph maka secara otomatis akan pindah ke modus sport.
 
Sedangkan untuk Kawasaki ZX-10R telah disiapkan TTX36 Mk IIEC. Secara teknis kinerja suspensi ini hampir sama dengan BM 670 TTX-EC yang digunakan BMW R1200GS. Bedanya, pada suspensi ini terdapat fitur pre-program yang memungkinkan pengguna motor memilih redaman yang sesuai dengan keinginan. Untuk memudahkan proses 'penyetelan', alat pengatur tersebut ditempatkan di batang kemudi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar