Rabu, 27 November 2013

head rakitan

Cylinder Head rakitan YZ125 untuk Yamaha RXZ – RX-King (Bag – 1)


Cylinder Head YZ125
Cylinder Head YZ125

Tahun 1998 saya menggunakan head itu pada Yamaha RZR saya. Head keadaan bekas, yang harus dirubah diameter dan squishnya, karena bekas digunakan di RX King.
Efeknya saat itu terutama pada akselerasi mesin. Memang saya merubah squishnya sedikit atas anjuran bengkel Hen’s (di kebun Jeruk), tapi sesuai pengalaman saya, mesin seakan tidak mengalami overheating sehingga tarikannya tetap bagus. Kekurangannya dibanding head standard terutama pada suara mesin yang jadi agak kasar. Hal itu menurut saya wajar, sebab bentuk headnya memang lebih terbuka, sehingga suara mesin terdengar lebih jelas.
Berikut informasi yang saya dapat dari internet :
- Head jenis ini milik Yamaha YZ berpendingin udara (hingga tahun 1980), yang artinya bisa berkapasitas 100cc, 125cc atau 250cc.
- Bentuknya mengadopsi bentuk head motorcross merk Eropa, seperti Bultaco atau Sachs.
- Yamaha juga menerapkan head jenis ini untuk mesin gokart kompetisinya.
- Untuk Jenis YZ125, headnya berdiameter 55mm (keluaran 76 – 78) dan 56 (keluaran 79-80)
- YZ125 keluaran 79 memiliki kode mesin 2X3, sedangkan yang tahun 78 kode mesinnya 1W1
- Untuk digunakan di RXZ, RZR, RXS, RXK atau RX-King letak bautnya tidak masalah (keluaran 78-80).
- Diameter squish tetap harus disesuaikan untuk RX-King. Untuk RXZ/RZR apabila menggunakan head keluaran tahun 1979 tidak perlu merubah squish.
- Ada dua model squish untuk head ini. yang tahun 1978 ke bawah letak busi agak ke belakang, yang tahun 1979 letak businya tepat di tengah.
- Berita dari pedagang spare part di Indonesia yang menyebutkan head ini milik YZ125 keluaran 1987 tidak benar. Sebab YZ125 keluaran 1987 sudah berpendingin air (radiator).
- Head jenis ini mempunyai pendinginan yang baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar